Latest News
-
Penutupan Pelaksanaan Magang Kampus Merdeka Batch 7 2024
Pelaksanaan MBKM Batch 7 tahun 2024 berjalan selama 4 bulan mulai tanggal 6 September s.d 31…
-
Pelaksanaan OJK Learning Partner Forum Tahun 2024
OJK Learning Partner Forum (LPF) 2024 merupakan wadah diskusi dan komunikasi untuk memperoleh…
-
THE 2ND OJK INTERNATIONAL RESEARCH FORUM (IRF) 2024
OJK Institute telah menyelenggarakan kegiatan the 2nd OJK International Research Forum (IRF) 2024.
-
Supporting Strengthening of Human Resources in the Microfinance Institution (MFI) Industry, These are Aslindo's Efforts
LKM and LKMS Indonesia (Aslindo) stated that it will support the strengthening of the LKM industry,…
-
Konvensi Nasional Rancangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (RKKNI) Bidang Pembiayan
OJK Institute menyelenggarakan Konvensi Nasional Rancangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia…
Latest Infographics
-
INFOGRAFIS RISET OJK INSTITUTE EDISI NOVEMBER 2024
Riset ini menggunakan Fixed Effect Model (FEM) untuk menganalisis pengaruh ESG terhadap kinerja…
-
INFOGRAFIS RISET OJK INSTITUTE TAHUN 2023 EDISI OKTOBER 2024
Pada tahun 2023, tim riset OJK Institute menyusun riset yang berjudul “Analisis Determinan Adopsi…
-
INFOGRAFIS RISET OJK INSTITUTE TAHUN 2023 Edisi Juli 2024
Pada tahun 2023, tim riset OJK Institute menyusun riset yang berjudul “Forecasting Market Share…
-
The Influence of Reference Interest Rates on Sectoral Stock Prices in the Indonesian Capital Market OJK Institute Research Infographics for 2023
In 2023, the OJK Institute research team compiled research entitled "The Influence of Reference…
-
Top Ten Countries with the Highest Cybersecurity Scores in Asia Pacific in 2020
Globally, Indonesia ranked number 24
INFOGRAFIS RISET OJK INSTITUTE TAHUN 2023 EDISI OKTOBER 2024
- 08 Nov 2024
Halo sobat OJK Institute,
Pada tahun 2023, tim riset OJK Institute menyusun riset yang berjudul “Analisis Determinan Adopsi Layanan Keuangan Syariah: Studi pada Komunitas Muslim di Indonesia” yang bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen untuk menggunakan produk keuangan syariah di kalangan masyarakat muslim di Indonesia.
Survei dilakukan pada 1.392 responden dari komunitas muslim dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan PLS-SEM.
Hasil riset menunjukkan bahwa:
1. Tingkat pengetahuan keuangan syariah masyarakat muslim lebih tinggi daripada tingkat inklusinya,dengan gap yang besar. Alasan utama masyarakat muslim yang sudah memiliki pengetahuan namun belum menggunakan produk/layanan keuangan syariah yaitu:
a. belum memiliki cukup dana untuk mengadopsi produk/layanan keuangan syariah;
b. belum memahami produk/layanan keuangan syariah;
c. belum membutuhkan produk/layanan keuangan syariah; dan
d. tidak ada pegawai/agen LJK Syariah yang menawarkan produk.
2. Dari 7P, hanya faktor process, product, dan physical evidence yang berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi masyarakat muslim untuk menggunakan produk/layanan keuangan syariah. Sementara itu, faktor price dan people berpengaruh negatif signifikan, sedangkan faktor place dan promotion tidak berpengaruh signifikan. Faktor pengetahuan dan sosial juga berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi masyarakat muslim untuk menggunakan produk keuangan syariah. Sedangkan faktor religiusitas tidak berpengaruh signifikan.
3. Media informasi yang paling diinginkan masyarakat muslim untuk mengetahui keuangan syariah adalah media sosial, internet, keluarga/teman/kerabat, pesantren, dan website OJK.
4. Hal-hal utama yang dapat mendorong penggunaan produk/layanan keuangan syariah yaitu kemudahan transaksi dengan penggunaan smartphone, edukasi terkait produk/layanan keuangan syariah, dan mendapatkan anjuran dari tokoh masyarakat dan/atau pemuka agama.
Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui bit.ly/Surveikeusyariahojki
Tags :
- SDM
- RISET
- RISET OJK
- RISET SYARIAH
- EDISI OKTOBER
- INFOGRAFIS RISET OKTOBER 2024
- SDM
- SDM
- RISET
- RISET OJK
- RISET SYARIAH
- EDISI OKTOBER
- INFOGRAFIS RISET OKTOBER 2024
- SDM